Rabu, 31 Oktober 2012

Swiss Meringue Buttercream

Dari beragam tipe buttercream yang pernah aku buat, aku bilang inilah yang paling enak. Rasanya seperti eskrim..! sama sekali tidak ada rasa ngendal ataupun aftertaste yang tidak enak. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Check this out..

Bahan :
4 putih telur (kira-kira 120ml)
1 cup gula pasir berbutir halus
1 pack mentega tawar dingin kemasan 227gr
110 gr margarin salted
1 sdt esens vanili

Cara membuat :
  1. Campur putih telur dan gula, panaskan di atas panci berisi air panas. Jaga air dalam kondisi hampir mendidih tapi tidak mendidih (kalau mendidih putih telur bisa matang)
  2. Aduk cepat campuran putih telur dan gula dengan menggunakan whisker. Pastikan putih telur cukup panas (lebih dari 75 derajat celcius, untuk membunuh kuman dalam telur) dan gula larut sempurna. Bila gula belum larut sempurna maka akan menghasilkan tekstur buttercream yang berpasir.
  3. Mixer dengan kecepatan sedang sampai putih telur kaku dan mengkilap. Disini teksturnya akan sangat lengket. Sisihkan sampai tidak ada hawa panas lagi.
  4. Kocok mentega dan margarin sampai mengembang. Masukkan kocokan putih telur secara bertahap. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai menyatu.
  5. Masukkan esens vanili, kocok lagi sampai rata

Note :
Untuk membuat buttercream rasa keju, ganti pemakaian esens vanili dengan 1 jar keju oles.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak, mau tanya kalo menteganya di skip bisa gak ya? klo bisa di skip, bahan lain yang perlu dibanyakin sbg pngganti menteganya apa? margarin kah atau apa?

    BalasHapus
  2. Aku udh pernah coba tanpa mentega. Cuma pakai margarine aja. Hasilnya Gatot. Mungkin krn margarin cenderung cepat meleleh di udara panas.

    BalasHapus
  3. mentega dingin itu apa maksudnya?
    kata2 "Dingin" iti yg saya tidak mengerti. Dingin dari kulkas atau dingin suhu ruang?

    BalasHapus