Senin, 12 November 2012

Cake Hantaran Pernikahan for Ibu Chichi

Seneeeng banget dapat order ini. Karena Ibu Chichi adalah customer setia yang tidak pernah rewel, cenderung membebaskan bakulnya berkreasi. Nah ketika adiknya menikah, Bu Chichi memesan 2 cake, yang satu black forest dan yang satu lagi terserah bakulnya. Ketika aku sodorkan sebuah gambar cake dari internet yang dicover fondant, Bu Chichi setuju saja.

Dan inilah cake cover fondant pertamaku.



Base cakenya dari 3 layer brownies kukus NCC yang dipanggang di loyang diameter 22cm dan tinggi 3cm. Untuk mendapatkan hasil tinggi 10cm, dibutuhkan 2/3 resep saja. Fillingnya pakai ganache 1 : 2. Nah untuk frostingnya, karena aku takut ganachenya agak berembun, maka aku putuskan untuk memolesnya dengan buttercream tipis saja. Pengolesan buttercream atau selai yang terlalu tebal pada cake yang akan dicover fondant bisa menyebabkan fondantnya melorot. Ini yang aku hindari.

Untuk mengcover cake diameter 22cm dan tinggi 10 cm aku mempersiapkan 1kg fondant yang sudah aku warnai kuning telur. Untuk mencegah fondantnya menjadi lembek dan basah di cuaca yang sering hujan dan berkelembaban tinggi seperti ini, aku memberi sedikit maizena dan sedikit CMC.

Untuk mengcover cake dengan fondant, tipsnya adalah seperti ini :

  1. Carving cake sehingga membentuk sudut-sudut tumpul. Kikis saja bagian tepinya dengan pisau gergaji.
  2. Siapkan selembar plastik yang cukup lebar, bisa dibeli di pasar tradisional. Bilang saja plastik untuk taplak. Pilih yang agak tebal.
  3. Taburi permukaan plastik dengan maizena dengan merata. Gunakan bantuan ayakan tepung. Hal ini untuk menghindari fondant lengket ke plastik.
  4. Giling fondant di atas plastik hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Untuk cover biasanya cukup 2mm. Gunakan bantuan rolling pin. Pastikan juga lebarnya sudah mencukupi untuk cake yang akan dicover.
  5. Gulung fondant ke sebuah pipa yang panjangnya melebihi lebar fondant. Bisa funakan rolling pin panjang atau pipa paralon.
  6. Tangkupkan fondant perlahan ke atas cake. Haluskan permukaannya dengan fondant smoother atau dapat juga menggunakan tangan. Bagian-bagian yang terlipat dapat dirapikan dengan melebarkannya.

Hasilnya ternyata fondant tersisa cukup banyak. Lain kali akan aku coba untuk pakai 750gr saja.

Untuk hiasan, aku mempergunakan Royal Icing (RI). RI yang dibutuhkan harus yang kental sekali. RI untuk dekor cake ini cukup menggunakan icing sugar yang dicairkan dengan sedikit air.

Ini hasilnya. Semoga puas dengan kuenya ya Bu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar