Rabu, 17 Oktober 2012

Oven Gas Baru

Hari Rabu, 3 Oktober 2012, oven baruku datang dari Bandung. Woow... besarnyaa... ukurannya 110 x 60 cm, dari bahan galvanis. Dikemas dalam peti. Sampai-sampai 2 orang laki-laki dewasa tidak kuat mengangkatnya.


Ternyata harus dirakit sendiri. Well well well.. saking penasaran, aku keluarkan semua obeng-obeng dan kunci-kunci. Tidak sabar menunggu suamiku pulang. : ) Setelah selesai... wooow... takjub. "Dia" gagah sekali..



Semoga oven baru ini bisa melancarkan orderan-orderan dimasa yang akan datang..

Bagi yang baru akan memilih-milih oven, berikut kriteria yang aku kumpulkan untuk ovenku :
  1. Dia harus besar, supaya aku bisa memanggang sekaligus banyak. Diharapkan dengan memangkas waktu pemanggangan ini bisa lebih efisien di waktu dan bahan bakar. Ukuran ovenku ini 110 x 60 cm, kalau Anda mau yang lebih  kecil, ada kok yang dibawah itu, yaitu panjang 90cm atau 60cm. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Dia harus punya api atas dan bawah. Beberapa kue seperti lapis legit dan bolu gulung memerlukan api atas. Hal ini yang tidak bisa diberikan otang (oven tangkring) ku dulu..
  3. Dia harus punya termometer. Iya dong, karena mengetahui suhu kan sangat penting. Jadi gak cuma dikira-kira saja.
  4. Dia harus punya pengapian yang merata. Karena aku tidak mau lagi ada kue yang tinggi sebelah seperti dulu. Hehehe
  5. Yang terakhir tentu harga. Kalau mau spesifikasi yang paling sempurna, tentu harganya juga "sempurna". Nah untuk oven baruku ini aku anggap harganya cukup bersahabat untuk semua kemampuan yang dia miliki.
Penyalaan awal oven gas :

Setelah dipasang, oven gas baru ini perlu dipanaskan dulu untuk membuang bau catnya. Berikut cara yang disampaikan dari website pembuat ovenku :
  1. Masukkan daun pandan yang telah disiapkan kedalam oven
  2. Pastikan keran api atas dan bawah dalam posisi off. Pastikan juga regulator gas sudah terpasang dengan baik ke tabung gas
  3. Untuk pemanasan awal, pastikan api sekecil mungkin, dan nyalakan hanya api bawah saja. Biarkan selama 45-60 menit.
  4. Proses diatas akan menimbulkan asap. Hal tersebut adalah normal.
Pada prosesnya, ternyata di pemanasan pertama masih banyak asap yang keluar. Jadi proses pemanasannya ku ulangi sampai 4 kali. Pada setiap prosesnya, sehabis dipanaskan oven aku biarkan kembali ke suhu normal terlebih dahulu.

Setelah 4 kali pemanasan dan tidak ada lagi asap yang keluar, oven aku uji coba memanggang kue sungguhan. Hasilnya sangat memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar